Cara Pasang Hardisk Pada PS2 Slim

Pada kesempatan ini aye akan coba membahas mengenai Cara Pasang Hardisk Pada PS2 Slim. Ternyata setelah dicoba lebih mudah, praktis dan hemat biaya dibanding PS2 tebal yang notabene harus menggunakan network adaptor yang konon harganya selangit.
Seiring perkembangan jaman, teknologi dalam dunia hiburan ( game ) mengalami perkembangan pesat kalau ada waktu sebelumnya Sony Entertainment mengeluarkan sebuah konsol game yang bernama Play Station ata biasa disebut PS 1, kini telah berlalu dan berganti menjadi PS 2, dan akhirnya menjadi PS 3.
Play Station 2 secara default menggunakan media DVD untuk menyimpan format game yang akan dimainkan. Setelah berkembang berbagai penelitian dan percobaan, akhirnya media DVD menjadi berangsur hilang dan telah berakhir masa kejayaannya.

media penyimpanan format game yanga akan dimainkan pada Play Station telah berubah menjadi sebuah hardisk layaknya komputer atau laptop. Untuk memasang sebuah hardisk pada PS 2 membutuhkan dana yang cukup besar. Pada PS2  yang tebal harus menggunakan sebuah Network Adaptor PS2 yang berfungsi sebagai alat untuk transfer data dari hardisk ke CPU pada PS2
Mengapa memilih PS2 slim ? karena proses pemasangan dapat dilakukan dengan mudah dan tidak perlu menggunakan sebuah network adaptor ps2.
Adapun Cara Pasang Hardisk Pada PS2 Slim adalah sebagai berikut
Alat yang harus dipersiapkan adalah
1.   Sebuah PS2 slim. Sebaiknya hindari seri 9xxx. Karena chips nya harus diganti dulu dengan matrix atau modbo dengan optic masih bisa di gunakan
2.   Hardis external komputer
3.   Kartu memory PS2
4.   CD booting Multi yang di dalamnya sudah terdapat
§  Free MC Boot
§  ulaunchElf
§  code breaker
§  dll
langkah pengerjaan :
kalau dirasakan dalam rangka Pasang Hardisk Pada PS2 Slim harus dilakukan secara teliti dan penuh kesabaran
1.   burning file CD Booting Multi ke CD dengan format image dan kecepatan paling rendah. Semakin rendah kecepatan burning makin baik kuatilas CD yang dibuat
2.   masukkan memory card PS2 pada slot 0 / sebelah kiri kita.
3.   nyalakan PS2 slim dan masukkan CD Booting Multi, dan tunggu beberapa saat sampai pada televisi nampak direktori pada PS2 dan pada CD, pada proses ini mungkin membutuhkan kesabaran karena terkadang CD sulit terbaca oleh optic PS2, lakukan berulang-ulang sampai CD benar-benar terbaca.
4.   Pilih Free MC boot selanjutnya akan diberi pilihan
§  Normal install ( untuk MC booting yang hasilnya hanya bisa dipakai pada ps2 tersebut )
§  Multi version install / untuk MC booting yang hasilnya bisa digunakan pada semua PS2 slim dengan region pemasaran yang sama, dan pada beberapa kasus hanya dapat digunakan untuk PS2 yang serinya berawalan sama. ( berguna untuk PS2 yang optiknya udah mati )
5.   Pilih salah satu opsi yang akan kita buat > tekan X dan tunggu sampai installasi selesai. Free MC Boot successfully installed on memory card 1 > OK
6.   MC boot sudah terinstall pada MC PS2
7.   Hubungkan hardisk yang sudak di isi game PS2
8.   Restart PS2
9.   Kalau installasi berjalan dengan sukses maka PS2 anda sudah bisa memainkan game dari hardisk

Apabila gagal melakukan loading game dari hardisk, ada kemungkinan installasi tidak berjalan sukses
Ulangi proses installasi, dan sebaiknya format MC PS2 pada opsi format dalam Free MC Boot
Sekian tutorial mengenai Cara Pasang Hardisk Pada PS2 Slim semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan sukses. Apabila sobat mengalami kegagalan mari kita diskusikan bersama.
Terima kasih telah membaca tutorial mengenai cara pasang hardisk pada ps2 slim di blog aye.
 

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Ingin Belajar dot com - All Rights Reserved
Links Teman : Bola Yes | Share Yes | Beritau.biz | InfoSik.Org